Halaman

Minggu, Juni 09, 2019

Setelah ramadhan

*APA SETELAH RAMADHAN?*
Ust. Irsyad Syafar, Lc.Med

Setelah Ramadhan berlalu, apa yang harus kita lakukan? Jawaban sederhananya adalah merealisasikan tujuan-tujuan dari ibadah selama Ramadhan.

Apa saja tujuan dari ibadah kita selama Ramadhan? Kalau kita amati ayat-ayat sekitar ayat puasa di surat Al Baqarah, maka setidaknya ada 3 tujuan yang harus kita realisasikan:

1. لعلكم تتقون (البقرة: ١٨٣)
"Agar kalian bertaqwa"

Ibadah kita selama Ramadhan hendaknya mengantarkan kita menjadi orang bertaqwa. Yaitu orang yang senantiasa mematuhi perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Sangat takut kepada adzab-Nya dan sangat harap akan pahala (redha)-Nya.

2. لعلكم تشكرون (البقرة: ١٨٥).
"Agar kalian bersyukur"

Setelah Ramadhan ini kita semakin mengakui nikmat-nikmat Allah yang kita terima. Baik nikmat Iman maupun nikmat Islam. Baik nikmat jasmani maupun nikmat rohani. Baik nikmat harta maupun nikmat jiwa. Baik nikmat yang nyata ataupun yang terasa. Dan semua nikmat itu kemudian digunakan untuk mengabdi kepada-Nya.

3. لعلهم يرشدون (البقرة: ١٨٦).
"Agar mereka dalam kebenaran"

Setelah Ramadhan ini kita hendaknya semakin sering menyimak petunjuk-petunjuk-Nya melalui kitab suci-Nya dan melalui sunnah Nabi-Nya. Agar kemudian kita senantiasa berada dalam kebenaran.

Wallahu A'lam Bishshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar