Halaman

Rabu, September 14, 2016

Refleksi diri

Malam ini Rabu, 14 September 2016, seperti biasanya bersama -sama teman teman sibuk mainin laptop.
saat ini kucoba untuk menulis sedikit di blog ini, yang lagi bete dengan note book ini lagi masalah karena banyak aplikasi online yang tidak di undang masuk di tambah lagi ekplore note book ini hilang..
biar lah itu terjadi saat ini..

yang aku inginkan menuliskan yang berikut,

hari ini kami memiliki team yang baru di solok selatan, dalam menjalankan program pamsimas, karena team baru, maka angan dan pikiran ku melalang buana ke masa lalu, saat saya masuk program baru yang bernama pamsimas ini.

ternyata dia bukan barang baru, sebelumnya sudah ada WESLIC, dan sebelum-sebelumnya juga ada program kegiatan yang sama sebelum-sebelumnya. ternyata dia bukan barang baru. saya aja yang baru mengenalnya.

menariknya ini adalah adanya Program Pemberdayaan, Kesehatan, Air Minum, Sanitasi, yang melibatkan Kementrian PU, Kementrian dalam negri, Dinas Kesehatan. Program gabungan yang di kerjakan secara berkesinambungan dan saling menguatkan satu sama lain.

Baru bagi saya saat itu mengenai pemberdayaan, namun saat ini saya memahami bahwa pemberdayaan itu memerlukan profesi tersendiri yang menyangkut berbagai disiplin ilmu, saat ini saya memiliki di siplin ilmu kesehatan masyarakat yang berbasis keperawatan.

dulu saya memahami diri saya hanya sebagai perawat, namun saat ini banyak rasanya di siplin itu melekat yaitu sebagai Perawat, Pemberdayaan masyarakat, Kesehatan Masyrakat, sanitasi, Health Higine. dan untuk itu sebagai modal saya dalam membangun masyarakat dan mencapai tujuan negara ini untuk mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

memang sebelumnya tidak terpikirkan saya mesti menggarap SANITASI.

Sebelunnya di kuliahan dulu bab SANITASI mungkin hanya di bicarakan 1 jam pelajaran, mungkin juga hanya sisipan diantara bab pelajaran yang lain yang di bahas dalam satu kali pertemuan, atau hanya terdapat dalam beberapa lembar dalam diktat mata kuliah yang saya terima. karena saya tidak ingat kapan itu di bahas.

namun untuk semuanya itu mesti saya fokuskan pekerjaan ini sejak tahun 2008 sampai sekarang 2016 untuk membahas sanitasi.

dan saat ini saya mesti geleng-geleng kepala melihat Allah takdir akan diri ini.
Antara bersyukur dan tak terduga kalau ini bisa berjalan.
Bahwasanya luasnya ilmu yang ada di dunia ini.
bayangkan saja, beberapa lembar diktat (Buku ajar waktu kuliah) untuk di kerjakan selama ini membutuhkan waktu lebih dari 8 tahun dan saya rasa belum tuntas semuanya untuk dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar